Tips

Tips Membeli Laptop Bekas Murah dan Kualitas Terbaik

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas dan Murah – Mendapatkan notebook atau laptop bekas dengan harga murah dan berkualitas tidak cepat rusak adalah tujuan utama dari sebagian kita yang suka beli barang Second. Lalu bagaimana Cara memilih laptop bekas yang berkualitas dan murah? pada artikel ini akan dijelaskan cara aman untuk membeli laptop atau komputer bekas.

Membeli laptop baru dan berkualitas sudah pasti menjadi impian semua orang, karena performa laptop yang bagus dan memiliki garansi pabrik yang dapat ditukar kembali atau minimal service gratis. Karena sekarang ini banyak sekali keluaran laptop terbaru dengan spesifikasi yang sangat menggiurkan.

Namun jika uang kita pas-pasan maka membeli barang bekas adalah sebagai alternatif, membeli barang bekas justru akan lebih menguntungkan karena biasanya lebih murah. Tetapi sebelum membeli anda harus super hati-hati agar tidak tertipu dan mendapatkan barang terbaik tidak mudah rusak.

tips membeli laptop bekas berkualitas

Picture by: Yahoo Finance

Tips Membeli Laptop Bekas Murah dan Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan barang yang bagus sesuai dengan keinginan maka diperlukan Panduan Cara Memilih dan Menilai / Cek Laptop Bekas sebelum anda membayarnya. simak penjelasan dibawah ini:

1. Hidupkan Laptop

Anda perhatikan ketika laptop dihidupkan apakah ada bunyi tidak wajar atau tidak. misalnya bunyi kipas yang keras atau bunyi biip yang keras biasanya kalau prosesor atau motherboard yang usang maka berat disaat menghidupkan laptop dan kipas berbunyi keras.

Kalau bunyi beep biasanya ada beberapa keyboard yang rusak. maka sebaiknya jangan anda beli karena untuk service cukup mahal.

2. Cek Keyboard

Cara kedua ini bisa dibilang cukup penting karena keyboard adalah kebutuhan dasar yang harus dimiliki laptop/notebook. anda harus cek semua tombol apakah berfungsi dengan baik atau tidak karena kebanyakan ketika mati satu tombol maka lainnya dalam waktu dekat akan ikut rusak.

Sebaiknya jangan beli laptop yang keyboardnya rusak karena biaya untuk ganti cukup mahal. namun jika laptop dalam keadaan sehat dan yang rusak hanya keyboard anda bisa membelinya dengan harga yang murah.

3. Cek Harga Baru Laptop

Sebelum membeli laptop bekas maka anda perlu cek terlebih dahulu harga baru agar anda bisa perkirakan harga bekas.

Untuk laptop yang berusia 1th biasanya harga menjadi setengah harga baru, kalau digunakan beberapa bulan saja biasanya potongan dari harga baru sekitar 30-40% misalkan harga notebook baru sekitar 2,9-3 juta maka harga bekas kisaran 2 – 2,2 juta.

4. Periksa Kondisi Hardware Laptop

Anda bisa periksa kondisi hardware dengan mudah diantaranya layar laptop apakah sudah rusak atau belum karena kebanyakan layar yang rusak terdapat garis hitam atau beberapa titik hitam pada layar.

Selanjutnya cek USB, Chas Laptop, Audio, Wifi, Keyboard, Touchpad, Baterai dan kamera. jika berjalan dengan baik maka laptop tersebut normal anda bisa membelinya dengan harga yang sesuai.

5. Cek Segel Laptop

Biasanya laptop yang masih bagus pasti tidak pernak diservice, dengan segel yang masih utuh maka laptop tersebut aman dari bongkar pasang hardware.

Namun menurut saya yang terpenting kondisi laptop masih berjalan normal karena membuka segel biasanya dilakukan untuk mengganti hardware ringan sehingga berjalan yang lebih baik atau membersihkan dari debu yang menggangggu. sebaiknya cek kondisi laptop dengan cara menghidupkan dan cek kondisi harware.

6. Cek Software dan Spesifikasi Laptop

Sebelum anda membeli silahkan periksa kondisi software laptop dengan cara mengetik, desain ringan, koneksi internet apakah berjalan dengan baik atau tidak biasanya laptop yang kurang maksimal dengan bekerja lambat atau lelet.

Jika laptop lelet silahkan cek kapasitas harddisk, kapasitas ram juga prosesor yang digunakan. saya akan kasih gambaran untuk minimal kapasitas komponen tersebut.

Standar Minimal Sekarang:

  • Ram Minimal 2Gb
  • Harddisk Minimal 320Gb
  • Prosesor Minimal Intel Celeron
  • Kecepatan Minimal 1,6 Ghz
  • OS compatible Minimal Windows 7 (kalau bisa yang keluaran terbaru support windows 8 dan windows 10).

Cek spesifikasi laptop bisa melalui: Pada windows 8 dan 10 (Masuk file explorer >> pilih This PC>> Klik kanan dan pilih Properties ) dan Windows 7 (Masuk My Computer >> Klik kanan dan pilih properties)

Dengan mengusung hardware seta OS diatas laptop atau notebook tidak lemot dan berjalan dengan baik.

7. Pilih Sistem COD (Cash On Delivery)

Ini penting dilakukan karena yang anda beli adalah barang bekas, jadi perlu cek keadaan hardware dan fisik laptop terlebih dahulu. Jika barang kualitas baik maka silahkan dibeli, begitupun sebaliknya jika barang ada kerusakan sebaiknya ditinggalkan.

Nah jika anda membeli laptop bekas secara online, maka bisa saja akan tertipu oleh para penipu ulung yang memberikan janji-janji namun barang tidak sesui yang diinginkan.

8. Usahakan Umur Laptop dibawah 1 Tahun

Laptop dengan penggunaan 1 tahun biasanya masih terdapat garansi, sehingga jika mengalami kerusakan bisa diservice gratis. Selain itu penggunaan laptop dengan waktu yang cukup lama berpotensi mengalami kerusakan.

9. Beli dari Toko atau Orang Terpercaya

Pembelian barang dari toko entah itu baru atau bekas terkadang memiliki garansi, walaupun garansi untuk barang bekas lebih pendek. Namun setidaknya toko memberikan tanggung jawab dan memastikan barang yang dibeli bagus. Karena toko sendiri akan menjaga nama baik untuk keberlangsungan bisnisnya.

Orang terpercaya disini adalah teman dekat dan akrab atau saudara. Meskipun begitu anda tetap harus cek secara detail terlebih dahulu untuk memastikan barang tersebut layak atau tidak untuk dibeli.

Baca juga: Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet

Demikian Share informasi Tips Membeli Laptop Bekas atau Second Berkualitas yang biasa saya lakukan sampai sekarang. Setiap pembelian barang bekas saya cek secara detail sehingga pembeli tidak komplain dan merasa puas mendapatkan barang bekas berkualitas baik.

Bagikan kepada teman anda jika artikel ini bermanfaat atau jika kurang paham silahkan bertanya melalui kotak komentar.

4 Comments

Leave a Comment