Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lambat atau Lemot

Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lemot atau Lambat – Samsung galaxy adalah smartphone dengan OS android yang canggih dan memiliki OS android terbaru yang lebih baik daripada sebelumnya. Sejak BBM bisa digunakan pada os android, banyak orang bermigrasi dari blackberry ke smartphone android salah satunya adalah samsung galaxy.

Samsung galaxy selalu update untuk tipe terbaru karena tergolong smartphone dengan penjualan tinggi mulai dari samsung galaxy mini, young, galaxy v, galaxy j1, galaxy core, mega, note, samsung galay star dan samsung galaxy lainnya mulai dari yang murah sampai yang termahal dengan menawarkan fitur unggulan yang menarik.

Jika kebutuhan menggunakan smartphone android semakin besar, maka sebaiknya menggunakan smartphone terbaru yang memiliki RAM juga memori internal yang baik sehingga sangat dimungkinkan terhindar dari lemot atau lambat.

cara mengatasi samsung galaxy lemot atau lambat

Penyebab Samsung Galaxy menjadi Lemot atau Lambat

Berikut beberapa penyebab samsung galaxy anda mulai melambat dan terasa sangat lemot bahkan sampai tidak berjalan.

  1. Terlalu banyak instal aplikasi sampai melampaui spesifikasi smartphone.
  2. Banyak menjalankan aplikasi.
  3. Ruang penyimpanan internal sedikit.
  4. Tidak pernah mematikan HP.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Lemot atau Lambat

  1. Tidak banyak menginstal aplikasi melebihi spesifiksi handphone (Melihat ukuran memori internal terlebih dahulu).
  2. Menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai.
  3. Tidak menjalankan aplikasi secara bersamaan, aplikasi yang berat untuk dijalankan secara bersamaan adalah aplikasi chatting diantaranya BBM, kakaotalk, Whatshapp dan line. Juga media sosial diantaranya Facebook dan twitter.
  4. Cek memory internal jangan sampai penuh, jika memory internal penuh silahkan hapus aplikasi atau file yang tidak digunakan.
  5. Hindari widget yang berat seperti wallpaper live, launcher dll. Karena hal ini memungkinkan prosesor selalu bekerja dan memakan banyak RAM.
  6. Reset handphone, dengan cara ini HP anda kembali kekondisi default seperti halnya membeli handphone baru. Yang perlu diperhatikan, sebelum reset silahkan backup kontak atau file penting terlebih dahulu agar tidak hilang.
  7. Membersihkan cache pada memori, ini terjadi disaat anda menggunakan aplikasi browser atau bermain game, untuk membersihkan cache silahkan masuk pada Menu Settings > Manager Application > All > Selanjutnya cari aplikasi yang ingin dibersihkan kemudian Hapus Cache. Atau menggunakan aplikasi pembersih cache yang banyak dibagikan gratis di google play store.
  8. Jangan over dalam menggunakan HP (contoh: main game yang tidak sewajarnya).

Baca: Ciri-Ciri Aplikasi Android Terdapat Virus dan Malware

Demikian informasi tentang cara mengatasi smartphone samsung galaxy yang lambat atau lemot, adapun cara diatas bisa anda gunakan untuk semua merek hp yang berbasis os android bukan hanya samsung galaxy saja.

Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba, semoga berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dihalaman komentar atau melalui kontak yang sudah tersedia.

Leave a Reply