Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog Paling Akurat

Sebagai blogger, mengetahui kecepatan loading blog atau website adalah salah satu hal terpenting untuk kemajuan blog yang dikelola. Maka diperlukan cek loading blog agar loading tetap cepat dan tidak lemot.

Dengan memiliki blog yang fast loading maka pagewiew akan semakin tambah dan pengunjung akan dengan mudah mengakses artikel atau tutorial yang diinginkan. Sehingga postingan banyak yang dibaca oleh pengunjung dan tentu akan menambah penghasilan anda dari kegiatan blogging.

Salah satu tips sukses seorang blogger adalah memiliki blog dengan tampilan yang mudah diakses dan fast loading dan konten yang berkualitas. Dengan dua hal tersebut akan menjadi jaminan menjadi blogger sukses, karena pengunjung merasa nyaman disaat membaca postingan yang sudah kita buat.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Loading Blog

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog, sehingga harus diperhatikan faktor-faktor tersebut untuk menjaga blog agar tetap fast loading. Berikut faktor yang mempengaruhi loading blog:

  1. Pilihan template (theme) yang salah, sebelum membangun blog yang lebih jauh sebaiknya perhatikan template yang digunakan. Usahakan kecepatan template yang ditawarkan diatas 80% – 90% sehingga nanti bisa lebih maksimal. Sekarang banyak sekali template fast loading yang dibagikan secara gratis maupun berbayar, jadi pilihlah template dengan tampilan yang sederhana tapi elegan namun tetap fast loading.
  2. Terlalu banyak widget, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memasang widget, karena memasang widget secara berlebihan akan memperlambat loading blog sehingga semakin lemot. Maka pasang widget yang dirasa penting saja.
  3. Memasang background dengan gambar, memiliki blog dengan tampilan cantik dan keren tentu harapan semua orang, namun sebaiknya dilakukan secara wajar saja seperti menghindari memasang background dengan gambar, karena ternyata berpengaruh besar untuk loading blog.
  4. Kompres gambar, gambar adalah salah satu bagian postingan yang berfungsi untuk memperjelas artikel yang kita posting. Terlebih untuk blog tutorial sudah pasti banyak menggunakan gambar. Yang perlu diperhatikan adalah selalu periksa size gambar dan melakukan kompres sebelum diupload pada blog. Cara kompresnya cukup mudah yaitu menggunakan situs tinypng.com.

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website

Ada 2 situs yang saya rekomendasikan untuk mengecek kecepatan loading blog, dari 2 situs tersebut akan memberikan hasil berapa persen kecepatan loading blog.

Cara cek kecepatan loading ini dilakukan secara online, dan anda bisa cek kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Ini sering saya gunakan untuk cek template blog tetangga, jika template tersebut fast loading maka akan saya gunakan untuk beberapa blog yang saya kelola.

Cara Cek Loading Blog dengan GTmetrix

Situs yang pertama ini cukup populer dan banyak digunakan para pembuat template untuk memberikan informasi kecepatan loading blog agar calon pemakai atau pembeli template dapat tertarik untuk memilikinya.

Selain cek kecepatan loading, situs ini juga memberikan solusi untuk memperbaiki kesalahan yang mengakibatkan loading blog lambat. Sehingga anda bisa memperbaiki kesalahan dengan cepat dan pastikan kecepatan loading blog diatas 70%.

Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka situsnya di https://gtmetrix.com/
  2. Setelah terbuka, silahkan masukkan URL blog anda pada kolom “Enter URL to analyze…” kemudian tekan tombol “Analyze”cara mengetahui kecepatan loading blog
  3. Tunggu proses analisis dan lihat hasilnya. Maka akan ditampilan presentase kecepatan loading blog anda. Kurang lebihnya seperti gambar berikut.cara cek loading blog
  4. Selesai

Cara Cek Kecepatan Loading Blog dengan PageSpeed Insight

Situs yang kedua ini adalah milik mesin pencari terbesar didunia yaitu Google, website ini memberikan informasi akurat tentang kecepatan loading blog juga memberikan saran-saran yang harus diperbaiki.

Untuk cek loading blog ikuti langkah berikut:

  1. Buka situsnya disini PageSpeed Insights
  2. Lalu masukkan URL blog anda pada kolom “Masukkan URL halaman web” kemudian klik tombol “Analisis”.cara cek kecepatan loading blog
  3. Tunggu proses analisis sampai selesai dan lihat hasilnya sebagai berikut.cara mudah cek kecepatan loading blog
  4. Dari hasil tes kecepatan loading diatas, hasilnya cukup memuaskan baik dari versi seluler maupun desktop.
  5. Selesai.

Demikian informasi singkat tentang permasalahan loading blog, mulai dari faktor penyebab, cara cek dan saran-saran agar blog tetap fast loading. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

Leave a Reply