Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Anda

Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan akses cepat adalah harapan semua orang. Dengan kinerja yang baik maka pekerjaan tidak terganggu sehingga dapat menghemat waktu anda.Tentu diperlukan cara khusus agar kesehatan komputer tetap terjaga.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kinerja komputer lambat, diantaranya karena serangan virus dan cara penggunaan yang salah. Oleh karena itu para pengguna harus memiliki bekal dasar untuk menjaga komputer agar tetap awet dan maksimal untuk kerja.

Pada umumnya kinerja komputer mulai melambat jika sudah usang, namun jika kita merawatnya dengan baik maka akan tetap seperti baru. Nah jika anda ingin membeli produk laptop bekas, sebaiknya perhatikan kelayakannya terlebih dahulu (Baca: Tips Membeli Laptop Bekas atau Second Berkualitas ).

cara mempercepat kinerja komputer laptop

Cara Mempercepat Laptop dan Komputer dengan Mudah

Berikut beberapa faktor dan solusi untuk mempercepat komputer anda. Harap simak sampai selesai dan memulai untuk dipraktekkan.

1. Hapus Virus dan Malware

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa virus tentu sangat berbahaya yang dapat memperlambat kinerja komputer atau bahkan dapat mencuri data-data yang terdapat dalam harddisk. maka dari itu perlu menghilangkan virus yang bersarang pada komputer atau laptop dengan antivirus yang terpercaya.

Anda perlu scan atau hapus virus dengan antivirus kesayangan anda yang premium maupun versi gratis jika selalu di update dengan versi terbaru maka akan selalu menjaga komputer dari serangan virus yang berbahaya.

Juga perhatikan penyebaran virus lewat USB, hal ini sering dilakukan untuk pekerjaan transfer data. Maka sebaiknya dilindungi dengan antivirus smadav (Baca: Smadav Update Terbaru Gratis).

2. Memaksimalkan kinerja Hard Disk dan RAM

RAM merupakan hardware yang sangat penting untuk mempercepat kinerja sistem, kinerja komputer akan semakin maksimal jika didukung dengan ram yang memadahi. penggunaan program tentu perlu diimbangi dengan kapasitas RAM agar tetap lancar untuk menjalankan aplikasi maupun program. Usahakan RAM minimal 2 GB atau lebih untuk mendapatkan hasil yang baik.

Hard disk juga termasuk elemen yang sangat penting dalam komputer, karena tanpa harddisk anda tidak bisa menyimpan file maupun menjalankan komputer. Usahakan hard disk masih banyak ruang kosong (terlebih untuk system C), sehingga tetap aman dan file dapat berjalan dengan baik.

Dan jika hard disk sudah terdengar suara bising harap segera diganti dengan harddisk baru atau yang masih bagus. Harena hard disk tersebut sudah mengalami kerusakan (bad sector) sehingga akan memperlambat kinerja komputer.

3. Lakukan Defragment Hard Disk

Defragment Hard disk dilakukan untuk menata ulang berkas atau file yang tidak tertata rapi sehingga proses akses berkas membutuhkan waktu yang lama.

Jika berkas sudah tertata rapi, maka proses pemindahan akan mudah dilakukan. Seperti halnya sebuah toko dengan penempatan yang baik akan memudahkan untuk pencarian barang yang diinginkan.

Caranya: Silahkan masuk menu Start » Program » Accesories » System Tool » Disk Defragment. Jika sudah terbuka silahkan klik “Defragment disk” dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Pengguna windows 8 dan 10: Silahkan melakukan pencarian dengan keyword disk defragment kemudian pilih “Defragment and Optimized Drivers” lalu pada Scheduled Optimization, klik Turn On untuk menghidupkan, Pada pengaturan frequensi pilih Weekly.

4. Penyesuaian Perangkat Hardware

Penyesuaian perangkat hardware sangat penting dilakukan, karena sebagus apapun komputer anda jika racikan hardwarenya tidak seimbang maka sudah pasti akan mempengaruhi kinerja. Sesuaikan antara motherboard, RAM, Hardsisk dan Visual. dengan mempertimbangkan hal tersebut maka dapat meminimalisir terjadinya komputer lemot dan lambat.

5. Gunakan Komputer Sewajarnya

Perangkat komputer juga memerlukan istirahat untuk mengembalikan stamina. Maka gunakan sewajarnya, dan jika sudah tidak digunakan lebih baik dimatikan saja. Begitupun juga pada saat main game diharapkan tetap membatasi waktu agar komputer tidak kepanasan.

6. Hapus Aplikasi atau Software yang Tidak Digunakan

Dengan memaksimalkan program yang terinstal maka akan mengurangi beban komputer. Instal program yang penting saja, untuk memberikan ruang yang banyak pada lokal disk (C:).

Semakin banyak ruang maka akses data semakin ringan, dan usahakan selalu instal program yang legal dan tidak berbahaya untuk menjaga keamanan dari serangan virus seprti yang sudah saya jelaskan di bagian no. 1.

7. Solusi Terakhir

Jika semua tips diatas sudah dilakukan dan masih saja tidak maksimal maka kemungkinan besar windows sudah bermasalah. Jadi bisa melakukan instal ulang windows dan instal antivirus untuk membersihkan virus yang tersisa.

Demikian share informasi singkat tentang pengalaman yang sering saya lakukan untuk menjaga performa komputer atau laptop windows 7, 8 dan 10 agar tetap maksimal dan awet.

Leave a Comment