General

Cara Membuat KK Baru dan Ubah Status E-KTP

Membuat KK baru dan ubah status kawin adalah perubahan dokumen yang wajib anda lakukan setelah menikah. Bahkan kalau pelaporan perubahan status nikah lebih dari 30 hari akan dikenakan denda Rp50.000 jadi lebih baik setelah menikah langsung diurus semuanya.

Perubahan KK lama yang dimaksud disini yaitu menghapus salah satu anggota keluarga karena menikah untuk dibuatkan KK baru (istilah wong jowo pecah KK). Walaupun tempat tinggalnya masih satu rumah dengan mertua, namun KK tetap ada 2 yaitu KK ortu dan KK anak yang sudah menikah.

Tertib administrasi negara akan membuat kita lebih mudah untuk menjalankan aktifitas, karena sekarang posisi KK dan E-KTP sangat wajib untuk kebutuhan administrasi apapun seperti pembuatan rekening bank, pendaftaran anak sekolah, mendapatkan bantuan dari pemerintah, melamar pekerjaan atau mau membuat visa.  Oleh karena itu kesadaran harus dipupuk dari diri sendiri untuk kelancaran kedepannya.

cara membuat kk baru dan ubah status ktp

 

Hal ini juga sama dengan akta kelahiran yang harus dilaporkan sebelum batas waktu yang ditentukan, agar anak nantinya dapat masuk sekolah dengan mudah karena salah satu syarat pendaftaran adalah adanya akta kelahiran. Mengurusnya juga bukanlah hal yang sulit (Baca: Syarat dan Cara Terbaru Mengurus Akta Kelahiran Lengkap).

Cara Mengurus Perubahan KK dan Status di KTP Menjadi Kawin

Perubahan KK dan KTP setelah menikah merupakan satu paket, jadi tidak bisa mengurus salah satunya saja. Berikut prosedur yang harus kamu lakukan.

  1. Meminta surat pengantar perubahan KK dan KTP dari RT atau RW.
  2. Jika sudah dapat, silahkan bawa surat pengantar tersebut beserta (KK asli dan KTP asli juga photo copy surat nikah) ke kantor balai desa.
  3. Nanti di kantor desa akan diberi formulir perubahan KK dan KTP.
  4. Setelah mendapatkan formulir dari desa, selanjutnya membawa semua berkas yang disebutkan tadi ke kantor kecamatan. Disini akan dibuatkan 2 KK baru (KK ortu dan KK anda) juga perubahan status nikah.
  5. Setelah mendapatkan KK baru dilanjut ke kantor DISDUKCAPIL kota untuk mendapatkan tanda tangan dan perubahan E-KTP (jika blangko masih tersedia maka bisa langsung jadi dan jika blangko habis akan diberi KTP sementara).

Kesimpulan

  1. Batas waktu pelaporan status nikah 30 hari, jika lebih dari itu akan dikenakan denda.
  2. Mengurus dokumen bisa dilakukan dalam satu hari (langsung jadi).
  3. Persyaratan (KK dan E-KTP asli ditambah photo copy surat nikah)
  4. Prosesnya dimulai dari RT >> Balai Desa >> Kantor Kecamatan lalu ke DISDUKCAPIL.

Bagaimana mudah bukan? proses pengurussan dokumen diatas bisa dilakukan dalam satu hari saja. Jadi jangan malas untuk mengurus perubahan KK dan E-KTP.

Demikian share informasi tentang dokumen negara yang harus ditaati seluruh lapisan masyarakat agar terciptanya administrasi yang tertib untuk menjaga keamanan negara.

Jika masih bingung dengan penjelasan diatas, silahkan didiskusikan melalui kolom komentar atau jika ingin tutorial atau artikel menarik lainnya silahkan kirim request melalui halaman kontak.

Related Articles

42 Comments

    1. Caranya sama mbk, silahkan datang ke kantor kelurahan/desa dengan membawa bukti surat cerai dan dokumen lainnya yaitu e-KTP asli dan KK asli. Nanti pihak desa akan memberikan surat pengantar untuk perubahan status e-ktp dan kk di kantor kecamatan.

      1. Bila membikin kk sama ektp merubah sttus dan memasukan nama anak di kk.
        Persyaratan nya.
        Kk lama yg asli sama ektp tanpa ada buku nikah sama surat lahir dari bidan bisa apa tidak.?
        Karna buku nikah dan surat lahir dari bidan nya tertinggal di luar kota.. Dokumen menyusul..

        1. Dokumen tidak bisa menyusul karena itu merupakan acuan untuk pembuatan data. Jadi pastikan dokumen persyaratan semua terpenuhi terlebih dahulu.

  1. mas klo misal nya , memperbarui e ktp , kk , sma ganti alamat syarat nya sma atau beda ..
    Trs klo ganti alamat kita minta pengantar rt/rw yg kita akan tinggal di situ atau ga ..

    1. Ganti alamat masih 1 desa atau beda desa? Kalau pindah rt cukup keterangan dari desa nanti diubah dikecamatan.
      Kalau pindah desa nanti dibuatkan surat pengantar dari kecamatan.
      Alurnya adalah pengantar rt lalu ke balai desa kemudian ke kecamatan.

    1. Kalau ganti status nikah berarti pecah KK, orang tua dibuatkan sendiri dan kamu buat sendiri.
      Persyaratannya sudah saya terangkan diatas.

      1. Misi ka, kan saya status duda dan baru dapet akte cerai lalu mau saya urus utk perubahan status ktp dan kk. Nah kan harus membawa kk asli, nanti utk pihak istri bagaimana? Jika kk lama di ambil dan diganti dengan kk baru saya sebagai duda? Apakah pihak istri tidak mempunya kk?

  2. Oh iya saya udah pecah kk .saya anak dan suami saya
    Tpi saya udah cerai
    Kalau mau masuk ke kk orang tua lagi gimana cara nya ya
    Kasih solusi dong

    1. Batas pelaporan adalah 1 bulan jadi jika lebih dari 1 bulan maka akan dikenakan denda keterlambatan pelaporan.

    1. diurus seperti pada artikel diatas, nanti dibetulkan dikantor kecamatan. Jadi akan diketahui mana nik yang benar, karena setiap orang hanya punya 1 nik saja.

  3. Mau tanya kang, merubah status ke duda/janda. Dr mana aja urutan pelaporannya?
    Trus apa saya perlu lapor KUA juga, soalnya bingung dr mna awalnya. Bru terima akte cerai soalnya. Yg jelas ini berubah smua dr KK, KTP jga kan kang

    1. Pertama harus punya akte cerai terlebih dahulu dari pengadilan agama, setelah itu urus pengantar perubahan di balai desa/kelurahan, selanjutnya dibawa ke kekantor kecamatan, terus dibawa ke kantor disdukcapil.
      Persyaratan: kk asli dan ktp asli.

  4. Numpang tanya ka kalo sudah mecah KK tapi mau bikin Ektp gmna? syaratnya apa aja yah soalnya saya dikasih dukcapil Ktp sementara berlaku 6 bln aja

    1. Pecah kk biasanya karena sudah nikah plus ganti setatus, jadi diurus seperti yang saya jelaskan diatas sekalian perubahan ektp.

      1. Gini kang.. aku kan janda udah mau 2th.. tapi aku baru mau ngurus ubah status sekarang.. ( karena ada suatu kendala )
        Kira2 ada denda keterlambatan pelaporan apa ga tuh..

    1. Harus ada surat pengantar dari desa, kemudian mengubah KK n KTP di kecamatan, selanjutnya proses cetak di Disdukcapil.

    2. saya mau tanya ka,saya mau nikah am duda,dia belom ambil akte cerai,ktanya si mantan istrinya udh urus dan surat pemberitahuan dari pengadilan hilang buat ambil akte cerai,gimna ya solusi supaya bisa ambil akte cerai nya,karena cerainya juga sudah bertahun2 lamanya?

  5. Saya mau nanya
    Kalau mengurus Ektp dan akte kelahiran anak adik kandung saya,tapi beda Kk , dan soalnya saya sudah pisah kk ikut istri, apkah bisa di wakilkan saya, ? Dan syartnya apa saja,

  6. Saya kemarin mengurus pisah kk adik saya,
    Semua data Di blangko kelurahan sudah saya isi nama ibu dengan benar, tapi setelah saya ke dispenduk dan memberikan blangko yg saya bawa dari desa dan kecamatan itu, setelah di proses dan jadi, kenapa kok nama ibu saya di kk beda dengan isi blangko kk yg saya bawa dari kelurahan dan kecmatan, syarat memperbaiki nama ibu saya yg salh ketik gmna ?

    1. Harus ada surat pengantar lagi dari desa bahwa nama yang benar adalah ini, dan dibuktikan dengan bukti seperti KTP atau buku nikah atau ijazah.

  7. Tanya kak. Setelah dari kecamatan dpat kk baru kan dkasih rekomendasi untuk mbuat perubahan ktp ke capil. Syaratnya itu ktp lama dibawa g?.
    Soalnya ktp suami sudah ditarik saat membuat surat pindah kmren?
    Mksh sblumya

  8. Saya mau tanya om. Kalo mau ngurus akte nikah di beda kota bagaimana ya?
    Jadi saya tgl 4 oktober 19 kemarin menikah di palembang. Suami saya orang Jogya. Kalau saya mau mengurus ke akte nikahnya di jogya caranya bagaimana ya? Karna saya sekalian mau pindah kependudukan dari palembang ke jogya ikut suami, sekalian juga ngurus buat kk baru dan pindah bpjs?

  9. Saya pengantin baru, mau bikin kk ikut alamat istri yg beda kabupaten. Kasusnya gini, nama saya di kk ortu sudah otomatis dihapus waktu mengurus surat N. Apakah saya tetap harus mengurus surat pindah domisili, atau bisa langsung mengurus pembuatan kk baru di alamat istri? Trims.

Leave a Reply to Wak Jimus Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close