General

Biaya dan Syarat Balik Nama Motor Terbaru 2020

Apakah anda termasuk orang yang kesulitan bayar pajak motor karena bukan atas nama sendiri? jika iya lebih baik balik nama sendiri saja agar mudah dalam proses pembayaran pajak tahunan maupun lima tahun (Baca: Cara Perpanjang Pajak STNK Tahunan dan Lima Tahunan).

Perlu anda ketahui, balik nama kendaraan sepeda motor itu mudah banget. Saya sendiri sering dimintai tolong tetangga untuk mengurus balik nama sepeda motor.

Yang paling penting adalah mengetahui aturan atau prosedur yang sudah ditetapkan oleh samsat dan polres, juga mengetahui biaya yang dibutuhkan agar prosesnya cepat dan mudah.

Kalau persyaratannya cukup mudah dan tidak ribet, namun soal biaya bisa dikatakan lumayan banyak dan memang perlu disiapkan. Dan siap untuk mondar-mandir dari samsat ke polres.

Artikel ini saya buat sesuai dengan pengalaman saya pribadi dalam mengurus balik nama kendaraan motor di Kabupaten Jepara. Informasi akan saya update sesuai dengan perkembangan peraturan yang berlaku.

balik nama sepeda motor

Syarat Balik Nama Motor Terbaru 2020

Berikut persyaratan yang harus anda siapkan agar prosesnya mudah dan tidak terhambat.

  1. Motor
  2. KTP asli
  3. BPKB Asli
  4. STNK Asli
  5. Kwitansi pembelian
  6. Surat Kuasa (jika diwakilkan)

Syarat 1-4 wajib anda bawa semunya harus asli, kenapa harus asli? untuk pembuktian cek fisik kendaraan. Kwitansi bisa anda buat sendiri yang penting ada materai 6000, adapun surat kuasa dengan materai 6000 untuk keperluan jika diwakilkan orang lain (saudara atau teman).

Jika anda mengurus balik nama motor sendiri, maka persyaratan yang diperlukan adalah poin 1-4 saja.

Contoh surat kuasa:

Biaya Balik Nama Motor

Biaya balik nama terdiri dari biaya pajak, administrasi (STNK) dan biaya pembuatan BPKB. STNK nanti dibayarkan di Samsat sedangkan biaya BPKB dibayarkan di kantor Polres.

Berikut biaya yang perlu anda keluarkan:

Biaya BPKB

Biaya yang diperlukan adalah Rp 225.000 yang langsung dibayarkan di kantor Polres.

Biaya STNK

balik nama motor

Berikut rincian secara detail tentang biaya yang tercantum dalam STNK yaitu ada 5 poin yang harus anda bayar.

1. BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Biaya yang diperlukan untuk motor baru sebesar 10 persen. Adapun untuk motor bekas sebesar 2/3 dari pajak kendaraan bermotor.

Sebagai contoh pajaknya 169.500 maka biaya BBN KB sebesar 113.000. Anda bisa menghitung secara kasar untuk persiapan biaya yang dibutuhkan.

2. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Ini adalah biaya pajak tahunan kendaraan anda, bisa dilihat pada STNK pada bagian kolom PKB. Untuk menghitung biaya yang perlu dikeluarkan nanti.

3. SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan)

Biaya untuk SWDKLJJ ini sebesar 35.000 yang ditangani oleh pihak Jasa Raharja. Orang yang kecelakaan berhak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan.

4. Biaya Administrasi STNK

Biaya yang perlu dikeluarkan sebesar 100.000

6. Biaya Administrasi TNKB

Untuk administrasi TNKB anda perlu membayar sebesar 60.000

Total Biaya yang Diperlukan

Sebagai contoh sepeda motor supra 125 tahun 2010.

  • BPKB = 225.000
  • BBN KB = 113.000
  • PKB = 169.500
  • SWDKLJJ= 35.000
  • Biaya Adm. STNK = 100.000
  • Biaya Adm. TNKB = 60.000

Total : 702.500

Secara global biaya yang diperlukan cukup banyak, belum termasuk bensin, foto copy, parkir dan makan siang. Jadi biaya yang perlu anda siapkan sekitar 1.000.000 (satu juta rupiah).

Cara Mengurus Balik Nama Motor

Berikut alur atau urutan yang harus anda tempuh selama proses balik nama sepeda motor:

  1. Pastikan bawa semua persyaratan komplit dan biaya yang nanti dibutuhkan.
  2. Langsung ke Samsat bagian cek fisik (kalau belum tau bisa tanya tukang parkir atau satpam). Serahkan semua persyaratan, nanti anda disuruh gesek nomor rangka kendaraan (sudah ada petusnya, anda tinggal membawa motor ketempat yang sudah disediakan).
  3. Serahkan hasil gesek kerangka tadi ke loket cek fisik tadi. Nanti akan divalidasi oleh petugas, jika sudah lengkap semua berkas dibawa ke polres.
  4. Silahkan foto copy BPKB, STNK dan KTP rangkap 3 dimasukkan dalam map ganti nama (semua sudah disediakan dikoperasi Polres).
  5. Serahkan semua berkas ke loket balik nama untuk ganti BPKB.
  6. Kemudian anda disuruh mengisi formulir (informasi tentang kendaraan dan tanda bukti pengambilan jika nanti sudah jadi).
  7. Jika semua berkas sudah dinyatakan valid, anda disuruh bayar sebesar 225.000 yang sudah saya jelaskan diatas.
  8. Lalu semua berkas dibawa lagi ke kantor Samsat bagian pembayaran pajak.
  9. Silahkan menuju loket pendaftaran untuk mengisi formulir dan mendapatkan nomor antrian.
  10. Tunggu sampai nomor antrian dipanggil dan lakukan pembayaran pada loket sesuai biaya yang sudah ditetapkan.
  11. Terakhir tunggu proses cetak STNK, silahkan tunggu sampai dipanggil nomor antrian anda.

Selamat nama pemilik motor sudah sesuai dengan KTP anda sendiri. Kedepannya akan lebih mudah untuk pembayaran pajak tahunan maupun pajak lima tahunan.

Proses pembuatan BPKB kurang lebih sekitar 1 bulan, adapun STNK bisa langsung jadi.

Bagaimana apakah anda sudah siap melakukan proses balik nama? jika masih ragu dan perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Salam taat bayar pajak.

Related Articles

209 Comments

      1. Klo motor Tangerang Selatan jika mau ganti pemilik alamat Pandeglang Banten..perlu mutasi apa cuma balik nama gan?

      2. Mau nanya klw balik nama motor revo thn 2014. tPi pajak udah mati 5thn.kira” habis brapa ya pak.
        mohon pencerahannya.makasih….

    1. Pajak STNK mati 1 th lebih 1 bulan, Nopol mati juga lewat 1 bulan, berapa ya total biyaya dan dendanya,???
      dan ngomong ngomong ini motor punya bapak saya, tapi sudah di serahkan pada saya, saya berniat membayarkan semua pajaknya dan balik nama kepemilikan???

      kira kira berapa ya semua biyaya itu, punya bajet pass 1 juta, saya takut pas saya urus taunya biyayanya melebihi bajet saya……!!!

      saya ingin mencoba pertama kalinya mengurus surat surat motor, saya tanya teman teman saya mreka blum pengalaman mengurus sura surat kendaran bermotor sendiri, wajarlah saya masih ber umur 19th yg ingin tau bagai mana caranya dan belajar brani,…
      mudah mudahan di blog ini saya mendapat pencerahan dan bukan balasan komen jasa calo atau lain lain, ….

      mohon pencerahanya…..

      1. Kalau ini saya kurang paham, kalau hanya perpanjang plat nomor bisa minta surat keterangan dari bank karena tidak ada perubahan pada BPKB namun ini beda jika balik nama nanti ada perubahan pada BPKB jadi sepertinya disyaratkan BPKB harus ada.

          1. Saya mo bertanya kalo mau balik nama tapi KTP asli pemilik sntk dan BPKP na sudah pindah alamat bagaimana yah?

  1. Yg balik nama STNK sdh paham (harus di samsat). Nah yg balik nama BPKB gimana, yg bener harus ke polda apa ke polres? Baca dari blog lain katanya harus ke polda, jd bingung saya gan 🙂

  2. Klo balik nama BPKB di polres kan enak dekat. Nah klo ke polda kan jauh soalnya, harus keluar kota. Apa skrg diurus sama polres masing2, nanti sama polres diurusin ke polda nya?

      1. Belum, jadi prosesnya cek fisik di samsat terus dilanjut ke polres untuk pergantian BPKB biaya 225 ribu. Dilanjut ke samsat untuk bayar pajak dan perubahan nama pemilik.

      1. untuk biaya balik nama berapa ya? jika kita udah membayar pajak dan tidak terlambat.
        jadi hanya balik nama saja, kira2 berspa ya mas.. tks

      1. Tinggal dihitung sesuai pada postingan diatas ditambah biaya pajak + denda selama 5 tahun (jumlahnya bisa lihat pada stnk).

    1. Selamat siang pak mau tanya mutasi sama balik nama + perpajangan stnk dki ke bogor habis biaya berapa ya kira kira. Untuk waktunya berapa lama sampai selesai

    1. Tambahan syarat saja yaitu surat pelepasan dari PT dan kwitansi pelepasan dengan materai 6000 yang distempel dari PT tersebut.

  3. Proses nya lama ga ya. Soalnya saya kerja d shift terus klo ngurusinnya pas shift siang waktu terbatas. Saya masuk kerja siang jam 2 lebih.
    Gimana nih gan?

    1. Lumayan lama, soalnya cek fisik dulu dan ini terkadang antri. Terus isi formulir pergantian BPKB baru di polres langsung dilanjut antri pembayaran pajak di samsat.
      Dikerjakan 2 hari juga boleh.

      1. Kalo balik nama dri jakarta barat ke kabupaten tangerang kira2 ribet ga ya proses nya
        Kira2 biaya semua ny brpa ya

      1. Kang Zain, saya beli motor berdomisili Tasik, mau balik nama & mutasi ke jakarta, kalau mau mutasi apa perlu motornya di bawa ketasik? Pengurusannya bagaimana ya, agar nama stnk & bpkb nama saya?

    1. Klau sesama surabya tapi beda wilyah misal wilayah selatan ke barat apa juga perlu ke polres atau cukup disamsat aja ..apa juga perlu bawa ktp asli dari pemilik lama …Sebelumnya terima kasih

      1. Pindah berkas cukup ke samsat, lalu dibawa ke samsat daerah yang baru selanjutnya proses cetak bpkb di polres kemudian bayar pajak di samsat.
        Tidak perlu bawa ktp asli dari pemilik.

  4. Bang mau naya klo balik nama motor mati 8 tahun ,hitungan pajak ya bgmna bang
    Maklum hobi motor tua
    Terima kasih

    1. Harus bayar pajak selama 8 tahun berarti 8x sama dendanya pertahun sekitar 40 ribuan (PKB).
      Adapun persyaratan lainnya sama seperti keterangan diatas.

      1. Mas mau tanya , klo mau balik nama, motor dari daerah lamongan , ke DKI dan persyaratan nya apa aja. Kondisi plat kendaraan pun mati … Mau di hidupin semua, kira kira, harus siapin dana brapa yah. ?

  5. Saya mau balik nama tapi udah tidak ada ktp aslinya orangnya udah pergi jauh gimana bisa engga kalo pake ktp foto copy ajah

    1. Kalau balik nama tidak perlu membawa foto copy nama orang yang tertera.
      Cukup bawa ktp asli orang yang ingin balik nama.

          1. Kla sama2 plat AD cuma beda wilayah ( solo ke klaten) APA juga harus cabut berkas,,,mohon pencerahan…

  6. Mas seumpama plat mati lama, dan STNK jg mati lama. Itu yg ada dendanya yg STNK aja atau plat/BPKB itu ada dendanya jg ya?

      1. Kalau mau balik nama mas. Stnk hilang.. Surat laporan kehilangan sudah ada.. Tapi beda nama si pelapor dan ktp yg baru.. Itu di permasalahkn tidak.. Soalnya pinjam ktp sodara

        1. Kalau ini saya kurang begitu paham, bisa minta informasi langsung kesamsat bagian informasi agar lebih jelas dan tepat.

  7. Nanya mas,, mau balik nama dari bekasi ke cirebon.. Jalurnya ke samsat bekasi dulu ya? Urus balik stnk dulu.. Kalo urus sendiri bisa2 pagi ketemu sore ya mas? Kalo lewat calo disitu bedanya brapa ratus ya?? Trus udah kan hari itu aja. Trus lanjut ke polres cirebon gitu??apa gimana?

    1. Harus cabut berkas di samsat bekasi lalu dibawa ke cirebon,terus prosedurnya sesuai keterangan pada artikel diatas.
      Kalau lewat calo bedanya jauh banget tapi keunggulannya gak ribet.

  8. selamat pagii,
    mau tanya mas saya kemarin nya beli fino grande thn 2017 pajak hidup sampai bulan 6.
    utk balik nama dll nya butuh biaya berapa ya bersihnya kira2 utk fino grande??? terimakasih

    1. Tinggal lihat biaya pajak pertahun dikali 3 tambah denda sekitar 40rb kali 3 juga, untuk biaya lainnya seperti yang saya terangkan diatas.

  9. Bpkb atas nama saya sendiri pak , sedangkan sekarang saya sudah menetap disumbar , sedangkan plat motor saya BM(Riau) itu caranya gimana ya pak?

  10. Jadi kalau untuk mutasi dan balik nama dari jakarta utara ke bekasi kota cetak BPKB barunya di polres bekasi tidak di polda metro ya? Mohon infonya, terimakasih

  11. Saya beli motor second dari orang nah dia juga boleh beli sama orang lagi sebut lah dia itu pihak ke 2 tapi dia belom balik nama dari awal beli motor itu, terus saya beli dari si pihak ke 2 dan nanti balik namanya ribet gak? Terus contoh kwitansinya nanti gimana? Kan tanda tangan namanya beda dengan pemilik yg awal?

    1. Tetap mudah, masalah kwitansi tidak begitu dipermasalahkan, yang penting mbaknya urus sendiri sama bawa KTP asli.

      1. Saya b3li motor dijakarta karena menetap sementara di Jakarta, tapi KTP saya bukan Jakarta (Padang), apakah motor tersebut bisa saya balik nama di jakarta?

  12. saya mau balik nama tp STNK nya hilang sama pemilik pertama
    jadi cuma ada BPKB aja
    bisa ga ya balik nama tanpa STNK

    1. Seperti yang saya jelaskan diatas, jika diurus sendiri sekitar 800an ribu. Untuk pajak telat 5 bulan biaya sekitar 40ribuan, prosedur dan alur balik nama sudah saya jelaskan diatas.

  13. Misi gan mau nanya sy beli motor second..awal a sy suruh biro jasa tapi baru stnk a aja yg jadi nah pas sy tanyakan bpkb a itu nunggu sampe 2-3bulan sy ga mau dn si biro jasa mau kembalikan uang saya tapi hanya 350.. Pd awal sy kasih uang a total balik nama sama cbt berkas dari depok ke jkt krg lebih a 3.2 jt pajak pd waktu itu mati 4 thn. Nah sekarang dia mau balikin cm 350 menurt agan logis ga harga segitu

  14. Trus syarat yg harus sy bawa nanti a kalau sdh ada bpkb a apa aja gan untuk balik nama bpkb a dan dimana..sy tgl di jaksel apa benar urus balik nama bpkb di polres soal a banyak web bilang a di polda metro jaya

    1. Kalau dijakarta kurang tau ya, pengalaman saya beberapa kali balik nama bisa dilaksanakan di samsat dan polres setempat. Adapun persyaratannya cuma membawa ktp asli, stnk asli, dan bpkb asli.

  15. Assalamualaikum mass.. Mau nanya mass.. Klo balik nama kendaraan motor dri pemilik kedua.. Apa pemilik ketiga bisa menggunakan foto kopi KTP pemilik pertama…

    Dan juga apa bisa kita menggunakan KTP pemilik kedua…
    Soalnya pemilik kedua blom balik nama atas pemilik pertama..

    Makasih mass..

    1. Kalau balik nama bukan masalah pemilik yang keberapa, intinya baliknama adalah proses perubahan data pada bpkb dan stnk motor. Tidak perlu menggunakan pemilik sebelumnya tapi cukup KTP asli pemilik yang baru.

  16. Kalo plat E cirebon mau balik ke plat AG kediri gimana cara nya sekalian balik nama dan stnk plat E nya masih hidup cuman mati pajak nya 2 taun

    1. Pindah daerah sudah pasti ganti plat nomor, caranya cabut berkas di samsat cirebon lalu dimasukkan kesamsat kediri.
      Pajak mati 2 tahun nanti tetap dihitung.

  17. Oh, punya saya d area jatim, baru kemaren yg urus sudara saya, giliran stnk jadi tp no polisinya kok jadi berubah y pak . Tp no pol yg lama jg tercantum d stnk yg baru,. Jd ini d kasih plat no yg baru jg, Apa setiap daerah lain peraturannya y pak ..

  18. Kalau KTP nya Rantau prapat dan beli Kereta di medan mau balik nama apa bisa….sementara ktp bukan ktp medan…

    Apa itu bisaaa??

    1. Balik nama itu sesuai dengan wilayah yang tertera pada alamat pemilik yaitu KTP, jadi tidak bisa kalau balik nama di medan dan ktp dengan alamat rantau prapat.

  19. Selamat pagi pak.saya punya motor Jupiter MX plat Bekasi atas nama saya.sekarang saya tinggal di Jakarta barat.biar bisa byr pajak Jakarta barat gemana y pak.apa harus mutasi dan balik nama.kira kira habis biaya berapa

    1. Kalau sudah beda alamat dengan yang diKTP maka harus perubahan, harus cabut berkas di bekasi lalu dibawa ke Jakarta barat. Biayanya kalau diurus sendiri kisaran 1jutaan.

  20. Kmrn saya balik nama stnk dan balik nama bpkb. Saya hitung2 sesuai rumus diatas sekitar 750rb an, dgn asumsi jadinya 1 minggu sampe 2 mingguan. Tp krn saya minta urus ke tetangga (pegawai samsat), saya kena 900rb, tp stnk dan bpkb langsung jadi keesokan harinya (1 hari lgsg jd, terima beres). Ya ada lbh 150rb buat yg ngurus. Soalnya klo ngurus sendiri, jadinya 1 minggu ato 2 mingguan. Klo diurusin sama pegawai yg kita kenal, 1 hari lgsg beres.

  21. bisa perkiraan berapa ya urus balik nama? motor saya beli bekas, dengan kriteria sbb;
    1. stnk asli hilang
    2. talat 1 tahun bayar pajak
    itu yg perlu saya tanyakan buat Honda cbr 150 r.
    mohon bantuannya?
    soalnya saya tanya lewat biro jasa katanya total keseluruhaan, 4,5 jt

  22. mau bertanya nih brother, untuk Polda Metro jaya kalo mau urus balik nama BPKB kira2 bagus jam brpa ya sampai di sana?
    dan apakah kuota dibatasin atau nomor antrian suka habis?

    1. Saya kurang paham kalau soal itu, tetapi pelayanan biasanya tetap pagi. Sebaiknya berangkat lebih pagi sekitar pukul 7.

  23. Assalamualaikum mas saya mau nanya
    1. Cabut berkas itu boleh di wakilkan dan biaya nya berapa? Dan apakah harus bawa KTP pemilik pertama? (Karena saya beli second ke orang)
    2. Apakah balik nama boleh di wakilkan? Dan biayanya berapa? Beda lagi ya dengan cabut berkas? Dan apakah harus ada motornya? Motor saya di Jakarta tapi KTP saya di tegal
    terimakasih sebelumnya

    1. Semuanya sekarang tidak bisa diwakilkan, orangnya harus datang sendiri. Jika melalui jasa sudah pasti bisaya lebih besar.

    2. gan, untuk proses balik nama motor bekas yg baru saja pajak terbayar (sampai agustus 2020) apakah saya harus bayar pajak lagi pas proses balik nama?

  24. gan ane mau tanya, ane beli motor bekas dr adira tangerang,tp motor pake plat bekasi, nah ane mau perpanjang bpkb, cm kan gk da photkopi ktp pemilik lama, cm dpt faktur pembelian tanpa kwitansi bermeterai, kira2 ngurusnya bs lama gk?, soalnya temen ane crita klo gk pake kwitansi bermeterai gk bs perpanjang, mohon pencerahanny gan

    1. Salah satu syarat balik nama adalah kwitansi bermaterai. sebenarnya bisa disiasati… lebih lanjut bisa hubungi saya melalui fb zainelhasany

  25. gan mau nanya ni ?kalau balik nma, saya asal dari Tangerang, yg punya pemilik motor di Tangerang Selatan apa cabut berkas dulu atau ke Samsat yg saya tinggal mohon penjelsannya

  26. mhn info.. sya beli spd motor second 3 thun yang lalu dan ada kwitansi pembelian saat itu kalo untuk mengurus balik nama sekarang masih bisa nggak ya…?

  27. Gan mau tanya, saya kan dari bekasi baru selesai balik nama tinggal bpkb nya aja yg belom. Nah urus bpkb nya yg bener di polres atau polda metro jaya? Terimakasih.

  28. Saya mau bayar pajak,tapi motor atas nama saya,karna sya pindah KTP jadi Jakarta sedang kan motor saya Depok.apakah saya tetap mutasi

  29. Gan mo tanya ? motor saya Vixion 2010 mo balik nama tapi STNK mati 4 tahun {jakarta barat}. Domisili saya Kab.Tangerang total biaya + mutasi kira2 berapa ya GAn ?

    1. Dihitung aja pajak pertahunnya yang tertera di stnk dikalikan 4, urus cabut berkas di jakarta barat kemudian masukkan di samsat Tangerang.

  30. Saya mau balik nama stnk+bpkb, ktp saya jaksel itu di urusnya di kantor samsatnya dimana ya . Karna baru pertama kali urus kaya gini, mau cari pengalaman ngurus sendiri

  31. Mohon info kalau satu KK mau balik nama bagaimana? Tidak ada proses jual beli disini, mau balik nama krn atas nama STNK nya adik saya dan dia kerja diambon sdangkan alamat STNK nya di jakarta. Terima kasih

  32. mas itu syarat nomer 2 KTP asli yg pemilik sekarang kan ya bukan pemilik yg lama? karena saya mau Baliknama motor seken.. pemilik lamanya gak bisa di hubungi

      1. Mau tanya nii,kira2 habis brp y biaya balik nama,dari kota Tangerang ke Tangsel,pajak mati 2 thn,stnk hilang,surar kehilangan ada,dan persyaratan y apa aja untuk balik nama y

        1. Kalau urus sendiri biaya lebih bisa diminimalisir, tinggal hitung aja berapa pajak di stnk nanti dikali 3, tinggal bawa ke samsat terdekat sambil bawa KTP asli, BPKB asli sama sutar keterangan kehilangan STNK.

  33. Numpang tanya gan. Saya beli motor surat2 lengkap di Jaksel, saya tinggal di Gandul Depok tapi ktp saya jatim. saya pengen balik nama tapi tetep plat B. itu langkahnya gimana ya ?

  34. Assalamualikum Kang Zain..

    Kalo mau balik nama tetapi masih sesama Banten ( dari Samsat BDS Seprong pindah ke Samsat Ciledug) apakah harus cabut berkas dulu di BSD Serpong? Trima Kasih

  35. Gini kang..
    mau tanya nih..?? Kalo balik nama harus cabut berkas gak yah..dari daerah asal motor nya..misal daerah Klaten trus mau saya ubah/masukin k’daerah Pekalongan..

  36. saya sudah balik nama alamat jakarta utara sesuai ktp tp plat motor jakarta pusat masih seperti awal saya beli seken,klo bayar pajak tahunan sesuai ktp atau plat nomor

  37. Kondisi Motor MIO SOUL GT 2012 pajak mati setahun, stnk hilang (persyaratan duplikat sudah ada) dan rencana balik nama. Pertanyaannya:
    1. Berapa kisaran biaya total balik nama (urus sendiri)?
    2. Apakah bisa hanya balik nama STNK (tanpa balik nama BPKB)?

    1. 1. Lihat saja jumlah total pembayaran pajak di STNK tinggal kalikan saja dari tahun 2012 sampai 2019 ditambah denda sekitar 14 ribu pertahun.
      2. Balik nama itu secara otomatis yaitu STNK dan BPKB.

  38. Tanya gan, mau balik nama saya tangerang trus motor plat jakarta pusat, trus sya KTP daerah mau pake KTP sdra pas mutasi apa sdra harus ikut apa bisa saya wakilkan sama saya.

      1. Perpanjang STNK 5 tahunan/ ganti plat apakah bisa pakai fotokopi KTP (KTP sebelum pindah alamat/sesuai STNK) ? Soalnya alamat saya sudah pindah
        Misal mau balik nama dg nama berbeda tp alamat sama dgn STNK + perpanjang 5 tahunan/ ganti plat untuk biaya kira2 berapa?

  39. Balik nama wilayah DKI Jakarta barat ke Jakarta timur apa perlu tarik berkas.langsung dtg ke Samsat timur sesuai pemilik baru atau kt ke Samsat jak bar.

  40. Salam
    Mau nanya gan saya beli motor kondisi pajak mati dan STNK mati 2 bulanan. Ini mau saya mutasi serta balik nama. Yang saya tanyakan pajak tahunan apakah saya kena 2* di asal motor serta tempat baru atau bagaimana ?

  41. Bang kalau balik nama dulu sama ganti plat tanpa bayar pajak bisa gx ya..? Soalnya pajak ane masih ada waktu 1 bln lagi ke pembayaran pajak.. Tolong penjelasan nya bang

  42. mau nanya gan, ane kan beli motor seken plat jogja. ane mau balik nama jadinya nanti atas nama ane, tapi ktp ane bukan ktp jogja. kira2 tetap bisa nggak ya?

    1. Harus ada STNK dan BPKB, BPKBnya itu gak ada karena hilang atau bagaimana??? kalau hilang ya harus membuat surat kehilangan dulu.

  43. ijin nanya gan. saya kuliah di jakarta, KTP daerah bangka. beli motor plat jakarta. Rencana ngurus ganti nama, apa bisa ngurus di jkt sedangkan KTP alamat bangka ?. satu lagi apakah bisa diwakilkan dengan surat kuasa ?

  44. Asalamualikum gan saya mau tanya motor saya beli sekend honda bit carbu pajak mati 4 tahun saya mau balik nama .kemarin saya cek total nya 1 juta an lebih apa saya harus bayar lg pembuatan bpkbnya atasna ma say

      1. Mau tanya untuk balik nama dari bekasi ke solo berapa ya? Motornya megapro
        Dan untuk Pergantian bpkb baru itu di polres asal atau polres tujuan?

  45. Gan mau tny, pajak saya 2 thn mati, dulu ganti nama hanya stnk nya aja nama saya di samsat, tpi bpkb nya belum, msh nama orang yg pertama, skrng udh hrus ganti plat 5 thn, dan motor mau di jual, sekarang solusi nya gmn yh gan, perpanjang dulu stnk ny atau bisa lsng balik nama ke orang yg beli, berhubung bpkb ny nama orang yg pertama, tp stnk nya nama saya

  46. Mlm gan mau tny, motor saya mau di jual, dalam keadaan pajak mati 2 thn dan pas 5 thn an, masalah nya stnk dan bpkb ny berbeda nama, stnk nama saya, bpkb nya msh nama org yg punya dulu, skrng apa bisa perpanjang gan walau beda bpkb ny, dan apa bisa stnk nya di balik nama lagi ke orang yang mau beli, walau bpkb nya beda dengan nama

    1. Nanti bisa langsung diurus sesuai dengan biasanya, ditambah surat keterangan benar-benar sesuai yang di KTP dari desa setempat.

  47. mau tanya gan, klo mau balik nama sebelumnya nama ayah ke anaknya apakah harus pakai kwitansi pembelian juga atau gimana ? untuk alamat sama hanya mau balik nama.
    terimakasih sebelumnya

  48. Ijin nanya gan, pajak telat 2 tahun dan ganti kaleng
    pemilik sama hanya beda alamat (beda kecamatan saja)
    posisi masih di samsat yang sama.
    kira2 berapa ya gan biayanya?
    terimakasih

  49. Mohon maaf Bang kalau balik nama dan mutasi dengan stnk mati dari tahun 2015 kira2 prosedur dan persyaratannya gimana?
    Terimakasih bang.

    1. Surat kuasa, surat domisili, akta notaris dan pengesahan kemenhumham, untuk biaya menyesuaikan peraturan yang ada. Jangan lupa foto copy KTP.

  50. Permisi gan, mautanya kebetulan pajak motor saya mau habis dan hrs perpanjang yg 5 tahun sekali itu tpi kalau sekalian balik nama jga apakah bisa? Dan biayanya apakah akan dobel krn perpanjang stnk 5th + balik nma
    Makakasih.

  51. Mau nanya rekan2
    Posisi saya di makassar,
    Saya mau beli motor bebek bekas di bekasi lewat online,
    Pertanyaan saya, apa persyaratan yang harus di persiapkan pemilik motor dibekasi supaya motor bebek itu bisa dikirim dengan aman ke makassar dan supaya saya bisa mengurus balik nama BPKB, STNK dan PLAT baru di makassar. Mohon bantuan.y rekan rekan

Leave a Reply to Putri Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close