Cara Memilih Aplikasi Android Terbaik dan Aman untuk Smartphone

Cara Memilih Aplikasi Android Terbaik dan Aman – Aplikasi android sangat membantu penggunanya untuk mendapatkan fasilitas terbaik dari android. Namun disisi lain ada beberapa orang yang sengaja memberi virus dan malware yang sangat berbahaya dan mengganggu saat smartphone digunakan untuk meraup keuntungan.

Ciri-ciri hp android terkena virus dan malware adalah kinerja android semakin melambat, baterai hp cepat habis juga terdapat banyak iklan walaupun tidak membuka browser internet. Tentu ini sangat mengganggu dan menghabiskan banyak kuota internet. Maka anda harus semakin berhati-hati dalam memilih aplikasi android.

Baca: Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lambat atau Lemot

Sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan sebaiknya teliti dulu aplikasi yang ingin diinstal. Yuk simak beberapa tips memilih aplikasi android terbaik dan aman agar tidak membahayakan smartphone.

tips memilih aplikasi android terbaik dan aman

Tips Memilih Aplikasi Android Terbaik dan Aman

Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan aplikasi android terbaik juga sangat aman untuk digunakan sehari-hari.

Kenali ciri-cirinya dan hindari dari ancaman berbahaya.

1. File APK Bukan dari Play Store

File .apk adalah salah satu aplikasi yang sangat rentan dengan serangan virus, anda harus berhati-hati untuk memilih file tersebut agar tidak membahayakan smartphone anda. Download file apk pada situs terpercaya yang tentu aman dari virus dan malware.

untuk lebih aman menggunakan aplikasi android sebaiknya download dan instal langsung dari play store untuk mendapatkan aplikasi yang aman. Namun tidak memungkinkan juga terdapat beberapa aplikasi yang terinfeksi dengan virus, maka anda harus tetap waspada tidak instal aplikasi sembarangan.

Jika ingin mendapatkan aplikasi apk yang bebas dari virus dan malware, silahkan simak tutorial yang sudah pernah saya buat berikut ini (Baca: Cara Download File APK Android dari Komputer atau Laptop).

Catatan: Pastikan selalu instal aplikasi dari situs resmi android yaitu Google Play Store.

2. Pemasangan Aplikasi yang Mencurigakan

Disaat pasang (instal) aplikasi maka terdapat izin instal, nah disini anda dapat mengetahui jika izin instal mencurigakan biasanya dengan meminta izin untuk akses kontak, internet dan lokasi ini berbahaya untuk diinstal.

Aplikasi yang aman dan terpercaya biasanya hanya ijin instal saja dan pemberitahuan dari pihak ketiga terkait TOS.

3. Lihat Komentar dari Ulasan Pengguna

Cara paling ampuh agar terhindar dari aplikasi berbahaya adalah dengan melihat komentar pada ulasan pengguna sebelumnya. jika banyak yang menyarankan dan aman untuk diinstal pada hp android bisa anda miliki aplikasi tersebut. Namun jika banyak ulasan tentang kekurangan aplikasi maka sebaiknya anda tidak menggunakan aplikasi berbaya tersebut.

Ini sering saya jumpai disaat ingin menginstal aplikasi atau game. Awalnya saya sangat tertarik dengan game tersebut dan langsung instal, dan akhirnya game tersebut terdapat malware yang membuat android banyak iklan. Setelah saya cek di komentar ternyata banyak yang sudah terjebak dan menyesal instal game tersebut.

Jadi perhatikan deskripsi aplikasi atau game juga ulaasan atau komentar orang-orang yang sudah menginstal.

4. Cek Jumlah Penginstal

Semakin banyak orang yang instal aplikasi atau game tersebut maka bisa dikatakan aman, karena sangat tidak mungkin jika orang yang instal sudah mencapai jutaan namun terdapat virus dan malware. Seperti yang diketahui google akan selalu scan aplikasi yang mengandung virus atau hal yang membahayakan.

Cara Melindungi HP Android dari Serangan Malware

  1. Mengatur install aplikai hanya dari play store saja, ini sangat efektif untuk berjaga-jaga agar tidak install aplikasi sembarangan. Caranya masuk menu setting>>security>>jangan ijinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal.
  2. Selalu update aplikasi jika sudah tersedia di Google Play Store, ini penting dilakukan karena aplikasi yang diupdate tentu memperbarui fitur juga keamanan.
  3. Jangan lupa periksa izin yang diberikan oleh aplikasi, jika tidak berkaitan jangan instal terlebih dahulu dan pilih aplikasi yang sejenis untuk menjadi pilihan.

Cara Mengatasi Android yang Terserang Virus dan Malware

Jika sudah terserang virus atau malware maka langkah selanjutnya dengan cara menghapus menggunakan antivirus. Tetapi terkadang masih saja bandel dan tidak bisa diatasi sehingga membuat jengkel dan sangat mengganggu.

Sebagai solusi terakhir adalah dengan melakukan reset ulang pabrik. Ini akan membuat smartphone menjadi baru lagi. Caranya masuk menu Pengaturan>>Cadangkan dan Reset>>Reset data pabrik. Sebaiknya backup terlebih dahulu semua data yang diperlukan seperti kontak.

Demikian informasi singkat tentang ciri aplikasi android berbahaya semoga dapat bermanfaat, jaga selalu smartphone anda dari virus dan malware yang berbahaya dari aplikasi yang asing dan tidak dikenal.

Leave a Reply